Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan
Data Pemilih Berkelanjutan

By KPU JAKARTA UTARA 17 Mar 2021, 12:18:55 WIB KPU Jakarta Utara

Berita Terkait

Berita Populer

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Selasa, 16 Maret 2021, sebagaimana rutinitas tiap bulan dalam pelaksanaan kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KPU Kota Jakarta Utara mengadakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (selanjutanya disebut DPB) secara virtual yang bertempat pada Zoom Meeting Conferrence.
Rapat koodinasi ini merupakan rapat terkait pemutakhiran DPB dengan konsep baru. Artinya dalam rangka menindaklanjuti surat edaran terbaru dari KPU RI, yaitu Surat Edaran Nomor. 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 Perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, rapat yang sebelumnya berkonsep Rapat Pleno, maka kini pertemuannya berkonsep Rapat Koordinasi.
Tidak ada perbedaan dari sisi kepesertaan/undangan dalam pertemuan ini, hanya rapat ini mengedepankan koordinasi antar lembaga demi KPU Kota Jakarta Utara menghasilkan data pemilih yang akurat, akuntabel dan terkini.
Rapat dibuka oleh Ketua KPU Kota Jakarta Utara, Abdul Bahder Maloko yang menjelaskan mengenai perubahan konsep rapat koordinasi, sumber perolehan data dan langkah-langkah KPU Kota Jakarta Utara dalam menetapkan DPB di tiap bulan nya. Selanjutnya rapat koordinasi dilanjutakan dengan penyampaian materi dari Arif Budianto, selaku Anggota KPU Kota Jakarta Utara yang mengetuai Divisi Perencanaan dan Data.
Pada kesempatan ini Bawaslu Kota Jakarta Utara, melalui Anggota nya, Moch. Dimyati, menyampaikan keinginannya untuk dapat melihat data kependudukan yang dimutakhirkan oleh KPU Kota Jakarta Utara karena selama ini rapat yang disampaikan hanya berkisar angka-angka. Menanggapi pernyataan tersebut Abdul Bahder Maloko, menyampaikan siap memfasilitasi pendapat Bawaslu Kota Jakarta Utara dengan hadir langsung ke Kantor KPU Kota Jakarta Utara, mengingat data yang ditampilkan memerlukan kapasitas data yang besar jika ditampilkan secara virtual. Bawaslu Kota Jakarta Utara pun menyambut baik respon KPU Kota Jakarta Utara tersebut.
Di akhir acara, sebelum Berita Acara Rapat Koordinasi dibacakan, Partono selaku Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta yang mengetuai Divisi Data dan Informasi, menyampaikan apresiasi kepada KPU Kota Jakarta Utara yang telah totalitas dalam menjalin hubungan dengan stakeholder (pemangku kepentingan) di Wilayah Kota Jakarta Utara, dan Partono mengharapkan data-data yang dimutakhirkan adalah data-data yang telah disandingkan dengan DPB-DPB sebelumnya.
Di akhir acara, Abdul Bahder Maloko membacakan Berita Acara Rapat Koordinasi yang menghasilkan data sebagaimana berikut : 
Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan dengan jumlah sebanyak Satu Juta Dua Ratus Enam Puluh Enam Ribu Delapan Ratus Tiga Puluh Sembilan (1 .266.839) pemilih dengan rincian pemilih laki laki berjumah Enam Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Tujuh Ratus Lima Puluh Dua (632.752) pemilih dan pemilih perempuan berjumlah Enam Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Delapan Puluh Tujuh .(634.087) pemilih, tersebar di 6 (Enam ) Kecamatan




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment