KPU KOTA JAKARTA UTARA SOSIALISASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020 DENGAN STEKHOLDER
KPU KOTA JAKARTA UTARA SOSIALISASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020 DENGAN STEKHOLDER

By KPU JAKARTA UTARA 26 Jun 2020, 08:15:37 WIB KPU Jakarta Utara

Berita Terkait

Berita Populer

KPU KOTA JAKARTA UTARA SOSIALISASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020 DENGAN STEKHOLDER

Jakarta, Kamis tanggal 25 Juni 2020 Pukul 13.00 WIB KPU Kota Jakarta Utara Mengundang Sosialisasi Pemutakhiran Dafta Pemilih Berkelanjutan  Tahun 2020 secara Daring melalui google meet, Kegiatan ini juga dihadiri oleh  Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta dan Ketua Anggota KPU Kota Se-Dki Jakarta dan stakeholder di Jakarta Utara seperti Kapolres Metro Jakarta Utara,Polisi Pelabuhan Jakarta Utara, Kodim 0502 Jakarta Utara, Walikota Kota Adm. Jakarta Utara dan Jajaran Suku Dinasnya.

Dalam paparannya Arif Budianto Anggota KPU Kota Jakarta Utara selaku Kepala Divisi Program dan Data menyatakan, tujuan dari PDPB (Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan) adalah untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu/pemilihan berikutnya. Dalam menghimpun Data Pemilih Berkelanjutan KPU Kota Jakarta Utara berkoordinasi dengan Sudin Dukcapil Kota Jakarta Utara, dengan membuka layanan tanggapan masyarakan secara Online maupun Offline, berkoordinasi dengan beberapa UPRS baru di wilayah Kota Jakarta Utara, menerima masukan dari Bawaslu Kota Jakarta Utara dan menerima masukan dari Partai Politik, Ormas dan OKP.

Memang dalam melakukan proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini KPU Kota Jakarta Utara mengalami beberapa kendala teknis dan non teknis ditambah lagi dalam kondisi Pandemi wabah Covid19 ini, namun begitu KPU Kota Jakarta Utara tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa melaksanakan sesuai dengan Amanah Undang – undang.

Salah satu masukan dari Bawaslu Kota Jakarta Utara adalah Moch. Dimyati kembali menegaskan ataupun menanyakan apakah Data Pemilih Berkelanjutan ini Bawaslu juga tidak mendapatkan Data berupa yang detil bukan hanya angka2 saja, karena ini terkait dengan pekerjaan Pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu, dan ini langsung ditanggapi oleh Partono Samino selaku Anggota KPU Prov. DKI Jakarta bahwa memang ini belum ada aturannya dan ini pun sudah disampaikan ke KPU RI yang memang ada masalah teknis.

Dalam sosialisasi ini juga berlangsung tanya jawab terkait dengan data pemilih, seperti ada warga yang sudah bertahun – tahun tinggal di DKI Jakarta namun belum juga memiliki KTP-El dan banyak lagi pertanyaan, dan pertanyaan – pertanyaan itu pun langsung dijawab oleh para narasumber.

Sosialisasi ini berakhir pada pukul 15.45 dengan banyak masukan dan saran untuk pelaksanaan Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan di bulan – bulan berikutnya agar lebih baik. Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara, Sali Imaduddin juga berharap agar kerjasama yang baik antra KPU Kota Jakarta Utara dengan para Stakeholder di Jakarta Utara dapat terjalin terus agar dapat menghasilkan data – data yang terkini.

Penulis : Iyonk




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment