KPU Kota Jakarta Utara melakukan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2
KPU Kota Jakarta Utara melakukan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2020

By KPU JAKARTA UTARA 10 Agu 2020, 11:29:41 WIB KPU Jakarta Utara

Berita Terkait

Berita Populer

KPU Kota Jakarta Utara melakukan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2

Untuk pertma kalinya sejak bulan Maret 2020, Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2020, dilakukan secara terbuka oleh KPU Kota Jakarta Utara. 

Hal ini merupakan tindak lanjut KPU Kota Jakarta Utara atas Surat KPU RI Nomor. 550/PL.02.1-SD/KPU/VII/2020, Perihal Rapat Pleno dan Permintaan Data Pemilih Hasil Pemutakhiran Berkelanjutan Tahun 2020.

Dalam kesempatan ini, KPU Kota Jakarta Utara mengundang berbagai pihak dalam mengesahkan DPB. 

Dari pihak penyelenggara pemilihan umum, hadir KPU Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Kota Jakarta Utara. Dari pihak pemerintah Daerah, KPU Jakarta Utara mengundang Walikota Adm.Jakarta Utara serta para Kepala Suku Dinasnya, yaitu Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,   Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk. Dari Pihak TNI/Polri, hadir KODIM 0502, Polres Kota Administrasi Jakarta Utara serta Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Dari sisi pemangku kepentingan, yaitu para Kepala Unit Pengelolaan Rumah Susun Semper dan Marunda, dan yang terakhir dari pihak peserta pemilihan umum yaitu 16 partai politik Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kota Jakarta Utara , dengan sebelumnya meminta pertimbangan Bawaslu Kota Jakarta Utara apakah rapat pleno dapat dilanjutkan atau ditunda, akibat undangan partai politik belum sepenuhnya hadir. Namun demikian karena undangan yang hadir telah mencapai kuorum dari seluruh pihak yg diundang, maka Bawaslu menyatakan rapat pleno dapat dilaksanakan.

Sebelum ditetapkan, Ketua KPU Jakarta Utara menjelaskan perihal ketentuan dilksanakannya rapat pleno secara terbuka dan juga menjelaskan  proses pengolahan data pemilih berkelanjutan oleh KPU Kota Jakarta Utara. 

Dalam kesempatan lain, Anggota KPU Kota Jakarta Utara, yang sekaligus Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Arif Budianto, jg menyampaikan paparan terkait  kronologis angka-angka DPB sejak pertama kali ditetapkan pada Maret yang lalu. Selain itu Arif juga menjelaskan dasar keabsahan daripada pengolahan/pemutakhiran angka-angka tersebut.

Sebelum akhirnya ditetapkan, DPB Kota Jakarta Utara Bulan Juli Tahun 2020 yang dipaparkan telah dapat diterima oleh para undangan yang hadir.

 Di akhir acara, KPU Kota Jakarta Utara, melalui Ketua,  menetapkan, yang tertuang dalam Berita Acara Rapat Pleno Nomor.  255/PL.01.2-BA/3172/Kota/VIII/2020, DPB Kota Administrasi Jakarta Utara Bulan Juli Tahun 2020, adalah sebesar 1.279.536 penduduk, yang tersebar di 6
(enam) kecamatan, dimana jumlah pemilih laki-laki sebanyak 639.504 dan pemilih perempuan sebanyak 640.032.

Pimpinan redaksi : Hangga pramadiya




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment