AUDIENSI KPU KOTA JAKARTA UTARA DENGAN SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DUKCAPIL)
Audiensi KPU Kota Jakarta Utara dengan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara

By KPU JAKARTA UTARA 03 Jul 2020, 14:26:18 WIB KPU Jakarta Utara

Berita Terkait

Berita Populer

AUDIENSI KPU KOTA JAKARTA UTARA DENGAN SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DUKCAPIL)

Dalam rangka menindaklanjuti ketentuan Undang-Undang Nomor. 7 Tahun 2017 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor. 11 Tahun 2018 serta menindaklanjuti Surat  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor. 181.PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 Perihal Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020, KPU Kota Jakarta Utara wajib menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan pada tiap bulannya.

Dalam rangka mensukseskan program kegiatan sebagaiamana dimaksud, KPU Kota Jakarta Utara melakukan pertemuan dengan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara, dalam rangka audiensi untuk konsultasi dan pengecekan data kependudukan yang diterima melalui KPU Provinsi DKI Jakarta.

Pertemuan dilakukan di Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara, pada Jumat, 3 Juli 2020, dimana pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kota Jakarta Utara, Abdul Bahder Maloko, beserta para Anggota, diantaranya, Arif Budianto, Yulis Setiawati dan Leli Sofyan. Mendampingi pula Kepala Sub Bagian Program dan Data, Hangga Pramadtya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara, yang didampingi oleh Nina. N. Zainal (Kepala Sub Bag Tata Usaha) dan Yudi Hermawan (Kepala Seksi Pendaftaran) menerima kedatangan KPU Kota Jakarta Utara.

Pada prinisipnya, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara siap membantu dan mendukung KPU Kota Jakarta Utara dalam memutakhirkan data (kependudukan) pemilih dalam rangka suksesnya Pemilihan Umum maupun Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Kota Jakarta Utara menyampaikan maksud dan tujuan audiensi ini, dan disampaikan pula bahwa KPU Kota Jakarta Utara wajib menyajikan data pemilih yang akurat dan terkini dalam rangka menyiapkan diri menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang pelaksanaannya masih dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilu. Adapun data yang dimintakan koordinasi terhadap Suku Dinas, adalah data penduduk yang bergeser akibat pemekaran wilayah (penambahan RT/RW) serta pergerakan penghuni rusun.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Jakarta Utara, Arif Budianto, menyampaikan bahwa ada 4 jenis data pemilih yang akan dikoordinasikan dengan Suku Dinas, yaitu :

- Data Pindah/Keluar = 31. 550 orang

- TNI – Polri = 7 orang

- Wafat         = 11 orang

- NIK sama, Berbeda Nama = 30 orang

Menanggapi paparan tersebut, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara, menyampaikan akan menyinkronkan seluruh data yang diajukan KPU Kota Jakarta Utara kepada Suku Dinas. Mobilitas penduduk DKI Jakarta yang tinggi membuat proses sinkronisasi data saat ini secara defacto.

Disampaikan pula dalam kesempatan tersebut, tantangan-tantangan Suku Dinas dalam mendata dan menyajikan data kependudukan yang akurat, diantaranya :

1. Pindah/Keluar : Penduduk yang pindah keluar di Jakarta telah mendapatkan surat pindah, namun belum mengurus di tempat yang baru.

2. TNI-Polri : dalam hal ini hanya masalah pelapoan administrasi status saja.

3. Wafat : pada praktiknya, di Jakarta penduduk yang meninggal tidak semua dilaporkan pada Suku Dinas. Hal ini terjadi akibat dari situasi-situasi di lapangan yang mendesak. Seperti misalkan jenazah yang harus segera dimakamkan, sedangkan jenazah tersebut belum mendapatkan akta kematian dari suku dinas, melainkan hanya bermodalkan surat keterangan RT/RW. Selanjutnya dewasa ini ada permasalahan pandemi Covid -19, dimana jenazah yang terindikasi Covid-19 harus segera dimakamkan pada pemakaman khusus.

Di akhir pertemuan, KPU Kota Jakarta Utara menyampaikan secara simbolis data kependudukan yang dimohonkan untuk dilakukan pengecekan serta Berita Acara Pleno KPU Kota Jakarta Utara terkait Penetapan Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Maret, April dan Mei 2020




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment