Audiensi KPU Kota Jakarta Utara Bersama Kementerian Agama Jakarta Utara
Dalam Rangka Pemutakhiran DPB Yang Menikah Dibawah Umur

By KPU JAKARTA UTARA 20 Apr 2021, 16:07:30 WIB KPU Jakarta Utara
Audiensi KPU Kota Jakarta Utara Bersama Kementerian Agama Jakarta Utara

Bahwa dalam rangka menindaklanjuti Undang-Undang Nomor. 7 Tahun 2017, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor. 11 Tahun 2018 serta Surat  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor. 181.PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 Perihal Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 dan yang telah diperbaharui dengan Surat  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor. 132.PL.02.1-SD/01/KPU/II/2021 Perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021,  KPU Kota Jakarta Utara wajib melaksanakan program pemutakhiran dan pemeliharaan data Pemilih secara berkelanjutan.

 

Menindaklanjuti hal tersebut KPU Kota Jakarta Utara perlu melakukan audiensi/pertemuan dengan berbagai elemen pemangku kepentingan, salah satunya dari unsur Pemerintah di Wilayah Kota Adm. Jakarta Utara. saat ini berkoordinasi dengan Jajaran Kementerian Agama Kota Jakarta Utara ( Selajutnya disebut Kemenag Jakarta Utara ). Hal ini guna menjalin komunikasi dan dalam rangka konsolidasi pemutakhiran data pemilih, khususnya pemiilih-pemilih yang berusian dibawah 17 tahun namun telah menikah.

 

Dalam pertemuan tersebut, KPU Kota Jakarta Utara yang diwakili oleh Ketua, Abdul Bahder Maloko, para Anggota, Arif Budianto, Ibnu Affan dan Leli Sofyan, juga Kepala Sub Koordinator Program dan Data, Hangga Pramaditya, disambut baik oleh jajaran Kemenag Jakarta Utara, diantaranya  :

- H.M Komaruddin selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Utara;

- Moh. Jandan selaku Kepala Humas Kementerian Agama Kota Jakarta Utara;

- Hasyim selaku Kepala Seksi Pendidikan Pondok Pesantren 

- Nasliah selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Aliyah 

H.M Komaruddin selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Utara

 

Pada kesempatan ini Kemenag Jakut menyampaikan beberapa hal yang perlu diketahui oleh KPU Kota Jakarta Utara diantaranya adalah Kemenag Jakut  telah menjalin hubungan yang baik dengan lintas sektoral. Termasuk dengan Sudin Dukcapil yang menjadi mitra utama bagi KPU Jakarta Utara bahkan Kemenag Jakarta Utara berencana membuat MOU dengan Sudindukcapil. Kemenag Jakarta Utara juga menawarkan kepada KPU Jakarta Utara untuk melakukan sosialisasi terkait kepemiluan secara masif. Kemenag Jakarta Utara siap memfasilitasi kepesertaan sosialisasi dari lingkungan madrasah.

Mengenai masalah perkawinan di bawah umur yang menjadi agenda audiensi pada kesempatan ini, Kemenag Jakarta Utara menyampaikan bahwa data perkawinan di bawah umur, jika tidak ada pengesahan pengadilan, maka pernikahan dibawah umur tidak akan terinput pada aplikasi  Sistem Informasi Pernikahan (SIMKAH) pada Kemenag Jakarta Utara. Saat ini tantangan yang dihadapi Kemenag Jakarta Utara adalah memiliki banyaknya aplikasi namun sedikit yang terintegrasi.

 

Di akhir perbincangan, Kemenag Jakarta Utara juga mengajak KPU Jakarta Utara untuk berslahturahmi dengan membentuk Forum Grup Disccusion bersamaa seluruh kantor urusan agama di wilayah Jakarta Utara.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment